More

    Pengalaman dan Belajar Investasi Reksadana

    Jangan menumpuk ketakutan kalau beneran ingin belajar investasi langsung saja install aplikasi bibit. Gunakan kode referal “ayoinvest” dapatkan cashback 25K.

    Karena penjelasan reksada mungkin sudah banyak bertebaran, sebaiknya Anda langsung ambil langkah sebelum nanti menyesal.

    Setelah meng-install aplikasi bibit silahkan lengkapi persyaratannya, kalau belum punya rekening silahkan buka secara daring seperti jenius, bri online dan bca online.

    Saya anggap Anda pemula, untuk merasakan bagaimana uang kalian bisa menghasilkan uang pertama kali silahkan beli reksadana pasar uang. Dari menu utama bibit silahkan skrol ke bawah, cari menu Pilih Reksadana Sendiri kemudian pilih opsi Pasar Uang.

    investasi reksadana pasar uang bibit

    Silahkan top up dengan uang yang benar-benar sudah Anda ikhlaskan, kenapa? jika ada kemungkinan terburuk Anda tidak panik. Saran saya mulai dengan Rp 100.000 pertama dan lihat hasilnya dalam seminggu.

    Kenapa Reksadana Pasar Uang?

    Pasar uang merupakan jenis reksadana yang paling rendah resiko dan keuntungan yang kalian dapatkan setara atau lebih sedikit dari bunga deposito. Kelebihannya kalian bisa memulai dari hanya ratusan ribu dan tidak dibebankan pajak.

    Kalau deposito apa bisa dari Rp 100.000?

    Dengan memulai, ada harapan Anda akan membuka wawasan ke instrumen investasi yang lain, bergabung di komunitas yang sama dan mulai bisa memanajemen uang.

    Jika keuntungan sudah terlihat Anda bisa menariknya, namun ingat ada biaya administrasi bank jika rekening yang Anda gunakan berbeda dengan bank kustodian.

    Lah kok ditarik?

    Agar Anda percaya bahwa investasi ini tidak bodong, memang agak susah membuat orang percaya kalau tidak melakukannya secara langsung.

    Jika sudah melakukannya dan kini Anda percaya bahwa investasi reksadana bukan investasi bodong maka coba Anda menyelam lebih dalam. Kita akan bahas jenis reksadana lain.

    Reksadana Obligasi

    Reksadana obligasi merupakan salah satu jenis reksadana yang mana sebagian besar dana akan di investasikan pada sektor obligasi atau surat hutang baik dari pemerintah atau perusahaan yang jatuh temponya selama setahun.

    Keuntungan investasi reksadana obligasi diharapkan lebih besar dari pasar uang, jangka waktu terbaiknya hingga 1-3 tahun untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Nilai keuntungan bisa 6-10% dalam setahun.

    Anggap saja awal tahun 2020 kalian menaruh uang Rp 10.000.000 di reksadana obligasi dengan keuntungan pada tahun 2020 mencapai 7% berarti pada akhir tahun 2020 uang kalian menjadi Rp 10.700.000

    Bagaiaman menarik banget bukan?

    eits… jangan senang dulu selalu ada resiko didalam investasi, jika ada suatu hal misalkan ada ketidakstabilan dalam pemerintahan yang mempengaruhi harga obligasi bisa saja keuntungan kalian tidak sebanyak itu bahkan bisa saja merugi.

    Tapi untuk hasil yang maksimal investasi reksadana pasar uang ini disarankan 1-3 tahun.

    Be smart, uangmu tanggung jawabmu. Mulai dari yang kecil dulu yah teman-teman.

    Reksadana Saham

    Merupakan jenis reksadana yang memiliki tingkat keuntungan paling tinggi karena sebagian besar dana yang dikelola dialokasikan ke berbagai instrumen saham. Resiko ini bisa Anda ambil namun jangan lupa pelajari dulu ya…

    Konsep investasi yakni semakin besar keuntungan maka semakin besar pula potensi kerugian. Selalu tanamkan hal itu dalam pikiran Anda, ingat dalam pikiran jangan dalam hati. Hehehe…

    Pengalaman saya dalam investasi reksadana, reksadana saham ini paling terlihat perubahan nominal dana yang diinvestasikan.

    Kadang sehari bisa untung ratusan ribu terkadang juga bisa rugi yang besar. Namun, perlu kalian ketahui dalam rentang waktu yang lama harga saham selalu naik bahkan cenderung naik.

    Untuk itu agar bisa untung maksimal dalam berinvestasi reksadana saham, Anda disarakan menabung secara rutin selama beberapa tahun (> 5 tahun). Rata-rata keuntungan investasi reksadana saham bisa lebih dari 10% pertahun.

    Cara investasi untuk hasil yang maksimal dan relatif aman

    Oke sampai disini kita anggap aplikasi atau platform yang kita gunakan sudah aman. Oh ya saya lupa, reksadana sendiri di awasi oleh OJK jadi dana investasi kalian lebih aman karena ada pengawasan langsung dari pemerintah.

    Pun aplikasi bibit juga sudah terdaftar di OJK kalian bisa liat langsung di https://reksadana.ojk.go.id/Public/APERDPublic.aspx?id=BTB69

    Untuk hasil yang baik dan relatif aman, para investor menyarankan untuk menggunakan teknik Dollar Cost Averaging yakni dengan menyetor jumlah yang sama dengan periode waktu yang sama sampai tujuan investasi tercapai.

    Berikut adalah pengalaman saya investasi dengan jumlah yang sama yakni Rp 500.000 perbulan di aplikasi bibit.

    Memang keuntungannya tidak terlalu banyak, karena seperti yang Anda ketahui bagaimana kondisi ekonomi pada tahun ini. Krisis terjadi dimana-mana dan banyak perusahaan yang tutup. Dengan keuntungan segitu saya sudah bersyukur.

    Pengalaman investasi reksadana secara rutin tahun 2020

    Sebagai penutup, saya akan membagikan sedikit pengalaman investasi rutin di tahun 2020 ini.

    Tentu kalian tahu pandemi corona (covid-19) ini sangat mempengaruhi kondisi ekonomi, sebagai investor awam saya sempat deg-degan apakah dana yang saya investasikan akan habis karena jujur reksadana saham mengalami penurunan tajam dari bulan maret.

    Karena sudah join di group telegram bibit https://t.me/bibitapp jadi saya tahu bahwa penurunan tersebut tidak dialami sendiri. Investor lain pun merasakan hal yang sama, tapi karena tujuan investasinya lama dan sudah komitmen untuk nabung rutin saya jadi tutup mata.

    Warna hijau (untung) pun terlihat pada bulan November harga reksadana saham naik tajam dan keuntungan mulai terlihat walaupun tidak banyak. Tapi tetap bersyukur dan nabung secara rutin perbulan sampai tujuan investasi tercapai (semoga bisa terus komitmen hehehe 🙏

    Bagi Anda yang ingin mencoba mulai, sangat saya rekomendasikan memakai aplikasi bibit karena fiturnya sangat membantu kita sebagai investor pemula. Fitur utama yakni robot advisor yang membantu menyesuaikan profil resiko dan fitur nabung rutin yang siap mengingatkan Anda tiap bulan.

    Masih banyak fitur lain yang bagus, nanti akan saya bahas dalam 1 artikel khusus.

    Artikel ini akan saya lanjutkan nanti di tahun 2021, kita lihat bagaimana hasilnya di tahun ke-2 jika saya nabung rutin Rp 500.000 per bulan. Doakan tetap bisa komitmen yah teman-teman.

    Recent Articles

    Cara Mematikan Paksa iPhone 12

    Kinerja iPhone 12 dan iPhone 12 Pro memang sangat bagus dan handal, tapi sewaktu-waktu pasti kita perlu mematikan paksa perangkat kita. Berikut...

    Pengalaman dan Belajar Investasi Reksadana

    Jangan menumpuk ketakutan kalau beneran ingin belajar investasi langsung saja install aplikasi bibit. Gunakan kode referal "ayoinvest" dapatkan cashback 25K.

    Fitur Baru iOS 13.5 Covid-19

    Apple baru saja merilis iOS 13.5 untuk perangkat iPhone, pada iPhone XS ukuran file (size) untuk update kali sekitar 400MB. Apa fitur...

    7 Fitur Terbaru MIUI 12

    Xiaomi meluncurkan produk terbarunya yak Mi 10 dengan teknologi 5G. Bersamaan dengan peluncuran tersebut produsen ponsel asal Tiongkok ini juga meluncurkan versi...

    Daftar Harga HP Vivo di Bali

    Vivo merupakan produsen smartphone Android asal Tiongkok yang didirikan pada tahun 2009. Ada beberapa deretan hp yang sudah dirilis oleh Vivo, dari...

    Artikel Serupa

    Leave A Reply

    Please enter your comment!
    Please enter your name here